Blogger Luncurkan Fitur Baru Costum Permalink



Blogger Luncurkan Fitur Baru Costum Permalink [ www.BlogApaAja.com ]

Blogger sekarang resmi meluncurkan fitur baru mereka yaitu custom permalink. Yang dulunya hanya bisa dinikmati melalui Draft Blogger tetapi sekarang anda bisa menggunakan fitur custom permalink tanpa harus login ke akun draft blogger seperti yang sudah saya posting sebelumnya.
Dengan adanya fitur ini, maka anda bisa menentukan URL dari sebuah posting, sehingga anda tidak perlu lagi menyesuaikan judul postingan terlebih dahulu agar URL posting anda menjadi seperti yang anda inginkan.
Namun dalam fitur Custom Permalink Blogger ada beberapa kekurangan diantaranya adalah :

1.Jumlah karakter dalam permalink terbatas

Jumlah karakter dalam permalink bisa mencapai sekitar 45-80 karakter, disesuaikan dengan panjang karakter url blog secara keseluruhan. Semakin panjang nama blog, semakin sedikit pula jumlah karakter yang bisa dibuat dalam custom permalink.

2.Tidak bisa mengkustom secara keseluruhan

Tidak seperti wordpress, yang bisa merubah struktur permalink secara keseluruhan. Dengan itur Custom Permalink ini kita hanya bisa merubah kata saja misalnya

/2012/02/cara-daftar-dan-claim-blog-di.html

Kita hanya bisa merubah kata cara-daftar-dan-claim-blog-di.html saja, untuk (2012/02/ ) Fitur ini disebut url rewrite, dan keduanya adalah fitur yang jauh berbeda. Fitur ini melibatkan htaccess, dan Blogger tidak mengizinkan/menyediakan akses ke sana (cPanel). Blogger juga tidak mengizinkan penggunaan plugin/addon.

3.Hanya bisa digunakan sebelum posting dipublikasikan

Fitur Custom Permalink blogger hanya bisa digunakan jika posting belum dipublikasikan, jika postingan sudah dipublikasikan maka anda sudah tidak bisa menggunakan fitur custom permalink blogger ini.
Walaupun ada beberapa kekurangan, Fitur custom permalink blogger ini sangat dianjurkan untuk keperluan SEO agar kata kunci anda tidak terpotong hanya karena keterbatasan permalink.

Untuk menggunakan fitur Custom Permalink Blogger

1. Login ke akun blogger
2. Buat Entri baru
Blogger Luncurkan Fitur Baru Costum Permalink [ www.BlogApaAja.com ]

3. Di sebelah kanan terdapat berbagai menu diantaranya adalah tautan permanen (permalink), pilih URL Khusus kemudian masukkan URL yang hendak anda inginkan, anda bisa memisahkan kata dengan tanda -
4. Klik selesai
Untuk melihat hasil dari adanya fitur custom permalink blogger silahkan mempublish artikel anda.
Selamat Mencoba dan Happy Blogging :)*

Follow On Twitter