8 Faktor Utama Perusak Jantung



8 Faktor Utama Perusak Jantung [ www.BlogApaAja.com ]

Penyakit jantung sudah menjadi pembunuh nomorsatu di dunia menggeser infeksi. Penyakit ini bisa timbul karena beberapafaktor. Apa saja?

Kerja berlebihan

Banyak orang beranggapan, kerja lembur atauovertime seringkali memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh manusia.

Nampaknya hal itu benar adanya. Kerjaberlebihan bisa merusak kesehatan jantung Anda dalam jangka panjang.

Seperti yang dikutip dari Health, orang yangbekerja rata-rata 11 jam atau lebih dalam sehari memeiliki risiko 67% lebihtinggi menderita serangan jantung atau bahkan kematian, dibandingkan orang yangbekerja standar, tujuh hingga delapan jam sehari.

Menurut sebuah studi terbaru dari Annals ofInternal Medicine, mereka yang bekerja antara 10-11 jam memiliki risiko 45%lebih tinggi.

"Jadwal kerja mungkin seringkali diabaikan dankurang dimanfaatkan sebagai tanda atau peringatan dini untuk penyakit jantung,"ujar Mika Kivimaki, seorang profesor epidemiologi dan kesehatan masyarakat diUniversity College London.

Bakteri dalam mulut

Bakteri dalam mulut dapat masuk aliran darah.Jika ia masuk ke jantung bisa mengakibatkan radang katup jantung dan kematian.

Bakteri Streptococcus mutans penyebab lubanggigi dapat masuk ke jaringan organ jantung, menyebabkan endokarditis yangberbahaya dan mematikan.

Seperti dilaporkan di jurnal Infection andImmunity, ada sebuah protein yang memungkinkan bakteri yang biasa menepel diplak gigi itu, beredar sampai jantung.

Depresi

Depresi dan stres berbahaya jika tidak diatasidengan benar. Cobalah tertawa dan cari dukungan sekitar yang dapat membuatstres Anda berkurang. Bisa ceritakan masalah yang ada pada orang yang Andapercaya.

Mendengkur

Tidak besar memang kaitan mendengkur dengankesehatan jantung. Tetapi perlu diwaspadai bahwa mendengkur bisa jadi gejalatekanan darah tinggi. Bisa juga gejala dari gangguan tidur yang disebut SleepApnea. Biasanya diderita oleh orang-orang yang bertubuh gemuk, meski yang kuruspun bisa.

Banyak makan

Kegemukan meningkatkan risiko gangguanjantung. Makan yang cukup, yang rendah lemak tetapi kaya kalori dan kurangiminuman manis.

Merokok

Merokok atau asap rokok dapat menyebabkanpenyumbatan pada arteri, sehingga peredaran darah tidak lancar.

Berhenti minum obat

Meskipun obat-obatan punya efek samping, tapibagi penderita tekanan darah tinggi, konsumsi obat harus teratur, meskipuntubuh merasa fit. Hal ini untuk menstabilkan tekanan darah supaya tidak semakintinggi dan mempengaruhi kerja jantung.

Anti buah dan sayur

Terbukti bahwa mengonsumsi buah dan sayurdalam lima sajian perhari mengurangi resiko sakit jantung dan stroke sebanyak20%, dibanding dengan yang mengonsumsi dalam tiga sajian perhari.


Follow On Twitter